Update Status Terbaru

Rabu, 06 November 2013

Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?

fungsi internal linking Apa Fungsi Internal Linking di Dalam Website/ Blog?
Ilustrasi dari cleverlittledesign.co.uk
Ada banyak sekali diskusi internet marketer, webmaster, dan pelaku SEO, yang membahas tentang link building. Saya juga sering menemukan diskusi tentang strategi membangun backlinks terbaru dengan tehnik yang katanya paling ‘mumpuni’ yang akan meningkatkan peringkat sebuah halaman website di mesin pencari Google. Saya melihat, ada hal penting yang terlupakan dalam diskusi tersebut, mereka melupakan strategi internal links yang ada pada sebuah website/ blog.
Internal linking adalah sebuah link dari satu halaman website menuju halaman lain di dalam website yang sama, dimana isinya masih berhubungan. Ini adalah salah satu cara untuk membantu crawler Google dalam menjelajahi halaman situs kita. Selain itu, internal links juga memungkinkan para pengunjung website kita dalam menemukan informasi lain yang masih terkait. Tentunya ini akan membuat pengunjung akan berada lebih lama di situs kita. Pada dasarnya, internal linking dalam website/ blog adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam meningkatkan onsite SEO (Search Engine Optimization).

Apa saja manfaat Internal Linking?

Untuk saya pribadi, tujuan utama dari internal linking adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks semua halaman, dan melihat struktur blog saya secara keseluruhan. Struktur website yang rapih akan membuat semua halaman website Anda terindeks dengan baik di Search Engine, dan ini artinya halaman situs Anda akan mudah dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, misalnya Google.
1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman user di situs Anda
Sebenarnya sudah banyak blog yang membahas tentang pentingnya internal linking untuk SEO, tapi sebenarnya bukan itu saja manfaatnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, internal links akan memudahkan pengunjung untuk menavigasi website Anda dan membuka halaman konten lain di website Anda.
Bayangkan seseorang yang menemukan sebuah link artikel Anda di dalam hasil pencarian Google. Setelah mereka membacanya dan menemukan informasi yang mereka butuhkan, kemungkinan mereka akan menutup halaman website Anda atau menekan tombol back. Berbeda halnya jika mereka menemukan anchor text links di dalam artikel Anda tentang informasi lainnya yang mungkin menarik buat pengunjung. Link ini akan mengarahkan pembaca tersebut ke postingan lainnya yang masih berhubungan. Dan jika mereka menyukai tulisan Anda, mungkin saja dia akan menjadi subscriber blog Anda dan akan kembali lagi di lain waktu.
Internal links bisa membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda dan membuka halaman-halaman lain di blog tersebut. Membuat pengunjung betah di blog Anda akan menurunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) website Anda, dan ini sangat penting karena Google memperhitungkan tingkat bounce rate sebagai metrik dalam menentukan apakah blog Anda memiliki konten berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap bahwa blog tersebut tidak memberikan manfaat bagi pembacanya, dan ini bisa berakibat turunnya peringkat blog Anda di mesin pencari Google.
2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) situs Anda
Dengan membuat internal links, Anda sudah membantu spider mesin pencari untuk menjelajahi situs Anda dengan mudah dan cepat. Memposting banyak konten dengan internal links tentunya akan lebih baik daripada membiarkan halaman post tersebut tidak ada link ke halaman post Anda yang lain.
Membuat internal links ke halaman lain dengan kata kunci yang relevan merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan nilai SEO postingan Anda. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan. Misalnya bisnis atau blog Anda adalah bergerak dibidang jasa laundry, Anda bisa membuat internal link dengan menggunakan frase kata kunci “Jasa Laundry Murah” dari postingan yang membahas tentang pakaian bersih menuju ke postingan Anda yang lain yang menawarkan jasa laundry dengan harga yang murah. Ini akan membantu Search Engine untuk memahami isi konten website Anda secara keseluruhan.
3. Meningkatkan visibilitas konten di dalam website Anda
Seiring bertambahnya waktu, konten di dalam website/ blog Anda tentunya akan semakin bertambah dari hari ke hari. Beberapa konten mungkin saja akan tenggelam dan semakin sulit ditemukan oleh pengunjung website Anda karena banyaknya konten yang baru.
Jika Anda memiliki sebuah halaman konten yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung blog Anda, namun ternyata halaman tersebut tidak sepopuler halaman lainnya, maka Anda bisa menambahkan link menuju halaman tersebut di dalam halaman konten lain yang cukup sering dibaca oleh pengunjung blog Anda.
Anda bisa memperlihatkan konten-konten lama milik Anda dengan cara menempatkan internal link menuju halaman tersebut di dalam postingan yang populer dan sering dikunjungi pembaca blog Anda. Semakin banyak halaman blog Anda yang dibuka oleh pengunjung dan diakses oleh mesin pencari, maka visibilitas blog Anda akan semakin baik. Tentunya ini akan memberikan hasil yang lebih baik pada website dan juga bisnis Anda.

Perhatikan ini Ketika Membuat Internal Linking

Jika kita melakukannya dengan benar, maka hasil baiknya akan kita lihat dalam halaman pencarian Google. Dalam penggunaan WordPress, beberapa webmaster ‘menyerahkan’ tugas membuat internal linking pada sebuah plugin, misalnya plugin Search Term Tagging 2 (STT2).
Plugin WP ini (STT2) memang bisa membantu kita dalam membuat internal linking secara otomatis berdasarkan keyword dan tag, dengan jumlah yang tidak terbatas. Namun, pada kenyataannya, banyak pengguna yang tidak mengerti cara mengaturnya sehingga membuat internal linking di dalam websitenya menjadi tidak terkendali. Bukannya mendapatkan hasil yang baik, justru akan membuat blognya dianngap SPAM oleh mesin pencari.
Karena itu, perhatikan hal-hal berikut ini ketika membuat internal linking:
  1. Buat internal linking ke halaman yang terkait.
  2. Buat internal linking sewajarnya, jangan terlalu banyak.
  3. Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju.
  4. Lakukan internal linking dengan teratur.
Seperti yang Anda lihat pada blog ini, saya menggunakan plugin untuk membuat related post di setiap postingan, tapi saya juga membuat internal linking menuju halaman terkait secara manual. Sebagai informasi tambahan tentang internal linking, di bawah ini saya sertakan sebuah video dari moz.com.



sumber :http://www.maxmanroe.com/


Tidak ada komentar:

200% Backlink Indonesia

Pasang Iklan Disini

Free Search Engine Submission